Thursday, July 16, 2009

Pergunakan Ranting "Patah" menjadi Anak tangga untuk naik ke atas


Setiap hal yang pernah kita lakukan baik yang berat atau ringan sekalipun pasti akan membawa hikmah dan pengalaman tersendiri... Baru-baru ini saya banyak melakukan kesalahan di dalam pekerjaan yang saya lakukan. Terkadang saya sempat merasa down dan merasa bodoh tidak kompeten dalam melakukan hal-hal kecil sekalipun.
Namun setelah beberapa saat berpikir saya mendapatkan beberapa inspirasi yang menguatkan:

1. Pada dasarnya,manusia didesign tidak selalu sempurna dalam melakukan sesuatu. Bahkan secara biologis, mata kita sering menipu otak kita ketika melihat kedalaman pada air. Mata kita melihat air sepertinya dangkal, akan tetapi pada kenyataanya air tersebut sangat dalam. Dengan kata lain, mata kita sering "mengelabui" kita.
Contoh lainnya, ketika kita menceritakan sebuah cerita yang pernah kita dengar pun, tidak akan pernah sama seperti aslinya.

2. Yang harus kita lakukan adalah jangan sampai menghabiskan waktu dengan mengeluh2 karena melakukan kesalahan. tetapi bagaimana kita membuat kesalahan tersebut menjadi motivasi kita untuk naik ke atas.
Kesalahan diumpamakan sebagai orang yang memanjat pohon. ketika seseorang sudah sampai di ketinggian tertentu, dia duduk di sebuah ranting yang dia pikir kuat untuk mehanan bebannya. namun tiba2 ranting kayu tersebut patah dan orang tsb jatuh.
Jika orang tsb tidak mengeluh2 karena kejatuhannya, dan menggunakan ranting patah tsb menjadi tangga, maka orang tsb berhasil mengubah kesalahan menjadi keberhasilan di masa yang mendatang.

3. If you do mistake, it means you are doing something rather than standing still. and doing mistakes let you learn something more valuable than doing something successfully. but still, don't be stupid of making the same mistake twice.

Saya harap setelah membaca ini, orang2 yang habis melakukan kesalahan dikuatkan kembali dan orang2 yang belum melakukan kesalahan dapat dipersiapkan mentalnya.
cheers...

No comments:

Post a Comment